Bisnis Yang Paling Bagus

Talking Bisnis-picsaySaya punya teman yg sejak 7 tahun lalu menyatakan ingin berbisnis. Waktu itu kami masih bekerja di perusahaan telekomunikasi. Minggu lalu saya berkesempatan ditraktir oleh teman saya itu untuk ngobrol2 dengannya. Hal pertama yg saya tanyakan tentunya adalah bisnis apa yg sudah dijalankan. Ternyata beliau belum juga menjalankan bisnisnya. Alasannya karena banyaknya pertimbangan. ” Bisnis kan butuh perencanaan yang matang bos”…ungkapnya. Saya hanya diam sambil mendengarkan 1001 macam alasan sehingga dia akhirnya tidak juga menjalankan bisnisnya.

Saya pernah dengar ungkapan seorang motivator bisnis yang mengatakan bahwa, memulai sebuah bisnis itu sama seperti kita mau mandi. Jadi jangan dipikirin yang ribeu-ribeut. Coba kalau Anda mau mandi, apa yang dilakukan ? Langkah pertama adalah mengambil handuk. Lalu melangkah ke kamar mandi. Terus buka pakaian … dan mandi. Selesai! Dah gitu aja.

Tapi kan buat orang yang baru terjun ke dunia wirausaha gak semudah itu dong … Well, the answer could be right or wrong. Tergantung mindset Anda memandang sebuah bisnis. Berbisnis kan cuma dua hasilnya. Bisa untung atau bisa rugi. Kans keduanya berimbang, fifty-fifty. Sayangnya kebanyakan dari kita memikirkan bagaimana biar gak rugi, bukan bagaimana biar mendapat untung. Kedua pemikiran ini berbeda. Yang pertama berorientasi pada problem. Yang kedua berorientasi pada solusi. Kalau selalu berorientasi pada problem, yang pikiran yg timbul adalah bagaimana mengantisipasi agar bisnis tidak rugi, berfikir soal perencanaan bisnis yg terlalu matang, dan lain sebagaimana. Yang ada akhirnya penundaan yang berkepanjangan. Gak selesai-selesai deh. Percaya sama saya :). Coba kalo dibalik, yang dipikirkan adalah keuntungannya…anda semakin asyik dan semakin terpacu untuk mensegerakan membuka bisnis anda. Itu yang saya alami saat ingin membuka sebuah bisnis. Kalau memikirkan kerugian dan keuntungan sama-sama memerlukan energi…ya better mikirin keuntungan aja..iya kan ?!

semoga terinspirasi.

@erwinsnada | 0818750500 | service coach | digital management enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *